Artikel Kuncup Ceria

"Pelayanan Layaknya Keluarga."

Mitos dan Fakta Diabetes kategori : Kesehatan Badan

Ada beberapa mitos tentang diabetes yang beredar yang diyakini sebagai sebuah fakta. Anggapan yang salah seputar diabetes ini bisa berbahaya dan menyebabkan stigma yang kurang adil mengenai kondisi diabetes.

Mitos: “Penyandang diabetes tidak dapat mendonorkan darah.”

Fakta: Penyandang diabetes tetap dapat menyumbangkan darah (donor darah) selama kadar gula darahnya terkendali.

Mitos: “Perempuan penyandang diabetes sebaiknya tidak hamil.”

Fakta: Dengan control atau pengendalian gula darah yang baik, perempuan penyandang diabetes tetap dapat mengandung dan melahirkan bayi yang sehat.

Mitos: “Orang dengan diabetes harus melakukan diet khusus.”

Fakta: Diet makanan sehat bermanfaat bagi siapapun, termasuk orang dengan diabetes. Pola makanan sehat harus mengandung biji-bijian, sayuran dan buah, menghindari lemak trans, dan membatasi lemak larus dan karbohidrat olahan, terutama gula.

Mitos: "Penderita diabetes tidak boleh melakukan olahraga."

Fakta: Olahraga merupakan pola hidup sehat yang harus dijalani penderita diabetes. Melakukan olahraga ringan setiap hari  membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Mitos: "Penderita diabetes harus menghindari makanan yang mengandung gula."

Fakta: Penderita diabetes boleh mengonsumsi makanan manis namun jangan berlebihan. Apabila ingin mengonsumsi makanan manis, diskusikan dengan dokter terlebih dulu.

Itulah mitos dan fakta tentang diabetes yang perlu diketahui. Mencegah diabetes lebih baik daripada mengobati. Konsultasikan lebih lanjut untuk pencegahan ataupun penanganan diabetes di fasilitas pelayanan kesehatan klinik ataupun rumah sakit.