Artikel Kuncup Ceria

"Pelayanan Layaknya Keluarga."

WASPADAI GULA DARAH MENINGKAT PASCA LEBARAN kategori : Penyakit Dalam

Ditengah pandemi saat ini dan terjadi banyak korban yang menyebabkan kematian.  Jangan sampai mengabaikan penyakit yang selama ini juga menyebabkan kematian yang cukup tinggi (Diabetes), bahkan dari beberapa sumber Diabetes merupakan salah satu penyakit pemberat ketika seorang pasien terpapar Virus Corona (Covid-19) yang mewabah saat ini.

Dari tahun ke tahun banyak di keluhkan peningkatan Gulah darah usai lebaran, khususnya bagi mereka yang telah mengidapnya. Faktor penyebabnya karena ketidak patuhan menahan diri ketika melihat beraneka ragam makanan di meja makan.

Agar terhindar dari hal tersebut beberapa makan yang dianjurkan oleh dokter baik untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes, Berikut contohnya :

  1. Bila mengkonsumsi Ayam sebaiknya kulit di buang, atau daging tanpa lemak.
  2. Makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh atau karbohidrat kompleks (nasi merah, biji-bijian utuh, ubi panggal, oatmeal, dan lain-lain).
  3. Jangan tambahkan gula pada buah – buahan bila ingin menjadikannya jus.
  4. Kacang-kacangan, termasuk kacang kedelai bentuk tahu yang dikukus, dimasak untuk sup, ataupun ditumis.
  5. Sayuran yang dibuat dengan cara di kukus atau rebus. Sayuran yang baik dikonsumsi, contohnya brokoli dan bayam.
  6. Berbagai jenis ikan, seperti salmon, sarden, tuna, dan makarel. Ingat, hindari ikan dengan kadar merkuri yang tinggi.
  7. Produk olah susu rendah lemak, seperti yoghurt.

 

Takaran Tepat dan Bergizi Seimbang

Sebenarnya baik usai Idulfitri atau tidak, pada dasarnya prinsip pengaturan makan untuk pengidapnya tidak jauh berbeda dengan orang sehat. Singkat kata, makanan bergizi seimbang dengan kebutuhan dan zat gizi masing-masing.

Komposisi makanan yang dianjurkan oleh Perkumpulan Endokrinologi Indonesia:

Jenis Makanan

Kompisisi

Gula

50 gr/ hari

Karbohidrat

46 – 65 % dari total asupan kalori yang dikonsumsi.

karbohidrat yang diutamakan adalah karbohidrat berserat tinggi. Karbohidrat total yang dianjurkan tak kurang dari 130 gram per hari.

Serat

20 – 35 gr perhari, manfaatnya agar penderita merasakan kenyang lebih lama

Lemak

20-25 % kebutuhan kalori, tidak boleh lebih dari 30 % total asupan energy.

Protein

10 – 20 %  dari total asupan kalori, sumber protein yang bagus diantaranya udang, ayam tanpa kulit, kacang-kacangan, ikan dan produk susu tanpa lemak

Natrium

Asupan natrium yang dianjurkan tak kurang dari 2.000 miligram per hari. Namun, diabetes yang mengidap hipertensi mesti awas dengan asupan natrium, lebih baik dikurangi.

Hal yang paling penting lainya adalah jagan lupa selalu cek rutin kadar gula untuk dapat informasi lebih banyak silahkan datang langsung ke Klinik Kuncup Ceria, Anda bisa langsung konsultasi dengan dokter spesialis kami.

 

Tim Medis Kuncup Ceria