Artikel Kuncup Ceria

"Pelayanan Layaknya Keluarga."

Mengenal Tanda Kehamilan kategori : Info Kandungan

Kehamilan merupakan kabar yang sangat ditunggu-tunggu dan diharapkan oleh pasangan suami isteri yang baru menikah. namun ada kalanya pasangan suami isteri belum mengetahui secara pasti apa yang menjadi tanda-tanda kehamilan. salah satu cara termudah dengan memakai alat tes kehamilan.

ciri-ciri kehamilan terdiri dari berbagai gejala pada tahapan usia kehamilan yang berbeda-beda. ciri atau tanda kehamilan ini bersifat alami. penting bagi ibu hamil mulai mengetahui kehamilan sejak dini agar bisa mempersiapkan yang terbaik bagi kehamilan. serta dapat lebih waspada terhadap tanda-tanda bahaya kehamilan, sehingga dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

tanda-tanda kehamilan yang dialami setiap wanita pastinya berbeda beda. Pada  artikel ini menyebutkan keluhan dari tanda yang dialami ibu hamil. berikut pemaparannya

 

    1. Terhentinya menstruasi (amenore)

 

amenore bukanlah satu-satunya tanda mutlak untuk menyatakan hamil. amenore bisa terjadi pada orang-orang yang menderita penyakit kronis seperti tumor hipofise, gangguan psikis dan malnutrisi. cara yang paling mudah yaitu menandai hari pertama sebagai acuan dan mengetahui kehamilan adalah dengan memeriksakan hormon kehamilan dengan test urine.

 

 

    1. Nyeri dan rasa tidak nyaman pada payudara

 

perubahan yang terjadi pada payudara juga dapat menjadi salah satu tanda kehamilan. pada minggu awal, payudara wanita akan terasa tegang dan penuh.

 

    1. Mual dan muntah di pagi hari (morning sickness)

 

Morning sickness biasanya terjadi pada 85 % wanita hamil karena perubahan hormonal trimester awal kehamilan sampai dengan trimester akhir (kurang lebih 1 minggu). rentang waktu morning sickness bisa berbeda-beda, ada yang berlangsung hingga akhir kehamilan atau segera menghilang. morning sickness juga bukan tanda mutlak kehamilan. morning sickness bisa terjadi pada kurangnya asupan vitamin B6 dan emosi labil (pikiran yang jenuh, stress, marah dan lain-lain). ada beberapa tips mengurangi morning sickness yaitu menjaga kondisi tubuh, mengkonsumsi banyak air putih dan jus buah sesaat setelah sarapan. Konsumsi jahe, biskuit, crackers , keju yang mengandung tinggi protein

 

    1. Konstipasi

 

Konstipasi atau sembelit terjadi akibat adanya pengaruh hormon steroid. Hormon steroid menyebabkan gerakan otot-otot usus menurun hingga akhirnya susah buang air besar

 

    1. Mudah lelah

 

Saat Hamil tubuh akan bekerja keras untuk mendukung pertumbuhan janin, yang bisa membuat tubuh lebih mudah lelah daripada biasanya. Tidur siang atau istirahat ketika Anda perlu sepanjang hari. Pastikan juga Anda mendapatkan cukup zat besi.Terlalu sedikit zat besi dalam tubuh dapat menyebabkan anemia, yang dapat menyebabkan kelelahan berlebih.

 

 

    1. Sering Buang Air Kecil

 

Ukuran Janin Mungkin masih cukup kecil, tetapi rahim bisa tumbuh dan itu menekan kandung kemih Anda. Akibatnya, Anda mungkin merasa harus terus-menerus, sering pergi ke kamar mandi. Untuk mengurangi buang air kecil kurangi kafein (yang merangsang kandung kemih), terutama sebelum tidur.

 

Tim Medis Kuncup Ceria