Artikel Kuncup Ceria

"Pelayanan Layaknya Keluarga."

Mengapa Vitamin A Penting untuk Anak ?? kategori : Info Anak

     Kita sebagai orang tua tentunya menginginkan yang terbaik bagi putra-putrinya. Apalagi terkait dengan kesehatan si kecil. Apabila anak kita sakit maka tidak sedikit diantara kita  akan berusaha secepat mungkin agar dikecil segera sembuh. Tidak jarang orang tua meminta vitamin pada saat kunjungan rutin dokter, ataupun  saat anak-anak mereka sakit.  Vitamin dipercayai dapat meningkatkan nafsu makan, meningkatkan kekebalan tubuh anak dan mempercepat penyembuhan anak yang sakit.

     Pemberian  vitamin dan mineral  pada dasarnya merupakan suplementasi. Hal ini berarti vitamin dan mineral hanya diberikan pada bayi  dan anak yang kebutuhan mikronutriennya tidak terpenuhi dari asupan makanan sehari-hari. salah satu cara mendeteksi kekurangan vitamin dan mineral adalah dengan melakukan pemeriksaan marker biokimia mikronutrien tersebut. Namun pemeriksaan ini memerlukan biaya yang cukup besar  dan menimbulkan rasa tidak nyaman karena proses pengambilan darah. Selain itu, kadar vitamin dan mineral  dalam darah tidak selalu berhubungan dengan keluhan pasien.

    World Health Organization (WHO) telah mengeluarkan pedoman mengenai suplementasi vitamin dan mineral. Rekomendasi dari WHO ini mencakup pemberian beberapa jenis vitamin dan mineral disesuaikan dengan kondisi negara masing-masing, serta memperhitungkan prevalensi masalah kesehatan yang sering terjadi pada negara tersebut. Untuk kesempatan kali ini kita bahas salah satu vitamin yang  direkomendasikan WHO dan sudah masuk program pemerintah yaitu vitamin A.

     Vitamin A merupakan zat gizi yang penting (essensial) bagi manusia, zat gizi ini tidak dapat dibuat oleh tubuh  sehingga harus dipenuhi dari luar. Makanan sumber vitamin A sebagian besar berasal dari produk hewani seperti daging, telur, susu dan hati, namun beberapa produk nabati juga mengandung vitamin A terutama sayur-sayuran berwarna seperti wortel, bayam, kol, brokoli, semangka, melon, pepaya, mangga, tomat dan kacang polong. Disamping dari produk  alami, vitamin A juga  dapat berasal  dari  hasil rekayasa yang diperkaya (fortifikasi) pada beberapa bahan pangan seperti dalam minyak goreng, margarin , susu. Selain itu  ada satu sumber vitamin A yang sangat  potensial  dan dapat mencukupi seluruh kebutuhan tubuh khususnya pada bayi dan anak yaitu suplementasi vitamin A melalui pemberian kapsul Vitamin A.

 

     Mengapa anak perlu mendapat vitamin A? vitamin A penting untuk kesehatan mata dan mencegah kebuataan dan yang lebih penting lagi , vitamin  A dapat meningkatkan  daya tahan tubuh anak. Anak yang cukup  mendapat vitamin A akan menjadi kebal dan apabila terkena diare, campak atau penyakit infeksi lain, tidak mudah menjadi parah sehingga tidak membahayakan jiwa anak.

 

     Bukti ilmiah  menunjukkan suplementasi vitamin A bermanfaat menurunkan angka kematian sebesar 24% dan kematian terkait diare sebesar 28%. pemberian suplementasi vitamin A bayi usia 6-11 bulan pada bulan februari atau agustus (Kapsul Biru), dan vitamin A 200.000U tiap 6 bulan pada anak usia 12-59 bulan pada bulan februari  dan Agustus (Kapsul Merah). Suplementasi Vitamin A dapat diperoleh di sarana pelayanan kesehatan seperti : rumah sakit, Puskesmas, Pustru, Poskedes dan posyandu.

 

     yang menjadi pertanyaan sekarang adalah bagaimana dengan anak-anak kita? apakah buah hati kita sudah mendapatkan suplementasi vitamin A tahun ini? semoga kita selalu bisa memberikan yang terbaik untuk buah hati kita. amin..

TIM MEDIS KUNCUP CERIA