Artikel Kuncup Ceria

"Pelayanan Layaknya Keluarga."

Mencegah Diare Saat Musim Hujan kategori : Penyakit Dalam

Diare biasanya hanya berlangsung selama beberapa hari. Namun pada sebagian kasus, penyakit ini bisa bertahan hingga berminggu-minggu. Jika sudah seperti ini, penderita dapat mengalami dehidrasi. Jangan diremehkan, Bila tidak segera ditangani, bisa berujung pada kematian.

Musim hujan memang tidak bisa dihindari, namun bukan berarti sederet penyakit berbahaya yang menyertai tidak bisa dicegah. Dalam hal pencegahan diare saat musim hujan.

Tips Mencegah Diare saat Musim Hujan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, diare yang terjadi saat musim hujan sering kali disebabkan oleh sanitasi yang buruk. Maka dari itu, langkah pencegahan yang paling efektif adalah dengan cara berikut:

  • Pastikan kamu memasak makanan sampai matang dan konsumsi selagi hangat. Hindari mengonsumsi buah dan sayuran mentah, kecuali buah dan sayuran yang bisa dikupas. Hindari juga daging mentah atau setengah matang.
  • Hanya minum air yang sudah benar-benar matang. Hindari meminum air langsung dari ledeng atau air yang tidak direbus hingga matang terlebih dahulu. Lebih baik lagi jika kamu hanya meminum air kemasan yang sudah pasti terjaga kebersihannya. 
  • Pastikan kamu tidak sengaja menelan air saat mandi. 

Selain tips tersebut, cuci tangan juga menjadi langkah pencegahan diare yang paling penting. Tangan yang kotor bisa menjadi sarana penularan virus dan bakteri. Berikut cara mencuci tangan yang benar:

  • Cuci tangan sebelum dan sesudah menyiapkan makanan. Kamu wajib mencuci tangan setelah menyentuh daging mentah, menggunakan toilet, mengganti popok, bersin, batuk, dan membuang ingus.
  • Cuci tangan dengan sabun setidaknya selama 20 detik.
  • Gunakan pembersih tangan berbasis alkohol (hand sanitizer) saat air tidak tersedia. Gunakan produk yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol.

 

Tim Medis Klinik Kuncup Ceria