Artikel Kuncup Ceria

"Pelayanan Layaknya Keluarga."

Mengatasi Masuk Angin Karena Hujan kategori : Kesehatan Badan

Banyak masyarakat yang percaya bahwa masuk angin dapat terjadi akibat sering kehujanan atau terkena angin. Inilah alasan mengapa masuk angin sering dikaitkan dengan musim hujan.

Padahal, cuaca dingin saat musim hujan bukanlah penyebab utama terjadinya masuk angin, melainkan daya tahan tubuh yang cenderung menurun selama musim ini.

Saat musim hujan, paparan sinar matahari akan berkurang dan memengaruhi produksi vitamin D dalam tubuh, sedangkan vitamin D adalah salah satu nutrisi yang berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh.

Daya tahan tubuh yang menurun disertai padatnya aktivitas, kurang tidur, dan tidak menjaga asupan makanan, bisa membuat siapa saja rentan mengalami berbagai penyakit dengan gejala yang telah disebutkan di atas.

Selain itu, masuk angin juga ditandai dengan gejala, seperti sakit kepala, nyeri otot, nafsu makan menurun, mudah lelah, sakit perut, sering buang angin, dan diare.

Berbagai cara Mencegah Masuk Angin :

Salah satu cara efektif untuk mencegah masuk angin adalah dengan menjaga daya tahan tubuh. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar daya tahan tubuh tetap terjaga:

  • Mengonsumsi makanan bergizi seimbang
  • Memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih setidaknya 8 gelas per hari
  • Mencukupi waktu istirahat dengan tidur malam selama 7–8 jam
  • Berolahraga secara rutin
  • Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum dan sesudah makan, setelah dari kamar mandi, dan setelah menyentuh hewan
  • Mengenakan jaket atau pakaian yang tebal saat cuaca dingin
  • Mengonsumsi vitamin untuk menjaga sistem imun

Nah, sekarang Anda sudah tahu kan bahwa masuk angin bukanlah penyakit, melainkan istilah umum dari beberapa keluhan yang telah disebutkan di atas. Kondisi ini pun umumnya bersifat ringan dan dapat sembuh dengan sendirinya.

 

 

Tim Medis Klinik Kuncup Ceria