Artikel Kuncup Ceria

"Pelayanan Layaknya Keluarga."

Kurang Nafsu Makan Saat Hamil Muda? kategori : Info Kandungan

Kehamilan, terlebih bagi mereka yang pertama kali mengalaminya, adalah hal yang tidak mudah. Kondisi ini membawa perubahan yang luar biasa pada tubuh wanita. Kadar hormonnya melonjak, tubuhnya berubah bentuk, berat, dan proporsinya, volume darahnya meningkat, serta semua sistemnya bekerja lebih keras untuk memenuhi tidak hanya kebutuhannya, tetapi juga untuk kebutuhan bayinya di dalam kandungan. Alhasil, ini menyebabkan berbagai gejala, dan banyak di antaranya bikin tidak nyaman. 

Salah satu hal yang bisa bikin tidak nyaman adalah kehilangan selera makan saat hamil. Banyak wanita hamil yang mengaku harus memaksakan diri untuk makan demi mencukupi kebutuhan gizi bayi yang dikandungnya. Padahal, sebenarnya mereka benar-benar tidak ingin makan, sehingga mungkin setiap makanan yang masuk ke tubuhnya terasa hambar. 

Lantas, apa yang menjadi penyebab ibu hamil kerap kehilangan nafsu makannya, terutama saat trismeter pertama Cari tahu jawabannya melalui ulasan berikut ini! 

Alasan Kehilangan Selera Makan Saat Hamil

Kehilangan selera makan saat hamil sebetulnya dapat terjadi kapan saja selama kehamilan. Namun, bagi banyak wanita, kondisi ini kerap terjadi paling awal. Akibat mual dan muntah selama awal kehamilan (morning sickness), ibu pun jadi kehilangan seleranya untuk makan. Sebagian besar wanita merasa tidak menginginkan lagi makanan yang pernah menjadi favorit mereka selama trimester pertama karena mereka takut makanan tersebut malah dimuntahkan lagi. 

Namun, beberapa wanita menemukan bahwa nafsu makan mereka bisa kembali meningkat selama trimester kedua. Banyak gejala yang umum terjadi pada trimester pertama akan hilang pada trimester kedua, namun gejala bisa kembali pada trimester ketiga. Wanita di trimester ketiga kehamilan mungkin tidak memiliki nafsu makan yang banyak karena bayi mereka yang semakin besar. Perasaan seperti sesak yang kemudian membuat ibu hamil sulit untuk makan lebih banyak. 

Namun, hormon bukan satu-satunya alasan wanita merasa tidak nafsu makan selama kehamilan. Banyak wanita mengalami gas usus akibat melambatnya saluran pencernaan, yang bisa membuat perut terasa kenyang dan buncit. Lebih lanjut lagi, sfingter perut bagian atas mengendur selama kehamilan, yang berarti bahwa asam lambung menjadi keluhan umum pada trimester kedua dan ketiga. Karena makan sering memperburuk ketidaknyamanan asam lambung, wanita mungkin merasa tidak ingin makan untuk menghindari gejala.

Solusi untuk Ibu Hamil yang Kehilangan Nafsu Makan

Beberapa alasan hilangnya nafsu makan selama kehamilan tidak dapat dihindari, tetapi mungkin ada cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan selera makan ibu hamil. Para ahli mungkin akan merekomendasikan agar ibu makanan sedikit-sedikit saja tetapi sering. Ini juga akan membantu mencegah mual, dan mengurangi refluks asam. Beberapa wanita juga memilih pengobatan alami seperti dengan konsumsi jahe, seperti dalam teh atau ginger ale, untuk membantu mengurangi gejala tidak nyaman dan memulihkan nafsu makan.

 

 

Tim Medis Klinik Kuncup Ceria